Tuesday 26 February 2013

Sapi Ini Mati, Apakah penyebabnya ?


  15/02/2013, Seekor sapi betina dengan jenis P.O dikabarkan mati pada pukul 10.00 WIB di salah satu kadangan Mergo Andini Makmur. Pemilik sapi tersebut, Sandiman, mengatakan bahwa sebelumnya sapi tersebut mengalami mencret sejak 3 hari sebelum kejadian. Sapi yang baru berumur ± 1 tahun itu terhitung baru 10 hari menempati kandang tersebut setelah dibeli sang pemiliknya dari seorang penjual.
  Kronologinya bermula ketika tiga hari sebelumnya sapi tersebut mengalami mencret dan beberapa saat sebelum kejadian sapi tersebut terlihat semakin lemas. Sang pemilik pun memanggil seorang dokter hewan, Drh. Juwari, akan tetapi sapi itu akhirnya mati sebelum dokter tersebut sampai ditujuan. Diketahui darah keluar dari anus sapi tersebut ketika diperiksa sesaat setelah kematiannya.
  Sang pemilik dibantu para pemilik sapi lain kemudian bergotong-royong menguburkan sapi tersebut di area dekat kandang Margo Andhini Makmur.
   Akan tetapi hingga saat ini belum ada penjelasan lebih lanjut mengapa sapi tersebut mati dan penyakit apa yang diderita sapi tersebut. Hal ini tentunya sedikit meresahkan peternak sapi yang lain. Beberapa hari setelah kejadian tersebut, sapi milik saudara Sukardi juga mengalami hal serupa. Beruntung sapi itu segera diperiksakan ke dokter dan kemudian masih sempat dijual olehnya.










No comments:

Post a Comment